Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Wajib Puasa yang Harus Diketahui Umat Islam


Syarat Wajib Puasa yang Harus DIketahui Umat Islam


Syarat wajib puasa adalah syarat yang apabila terpenuhi maka seseorang wajib menjalankan ibadah puasa. Dan apabila tidak terpenuhinya syarat wajib puasa maka seseorang tidak wajib atau boleh meninggalkan puasa. Berikut ini adalah syarat wajib puasa yang harus diketahui umat islam.

Syarat Wajib Puasa

1. Beragama Islam

Syarat wajib puasa yang paling pertama dan utama adalah beragama islam, seseorang yang beragama islam wajib baginya menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan, dan bagi yang tidak beragama islam mereka tidak wajib untuk berpuasa. Karena puada dibulan ramadhan adalah menjadi salah satu rukun islam.

2. Baligh

Selain beragama islam, syarat wajib untuk menjalankan ibadah selanjutnya adalah baligh. Adapun ciri ciri baligh seperti berikut ini laki laki dan perempuan.
Pada perempuan batasan baligh mereka adalah ketika mengalami menstruasi, sedangkan laki laki dikatakan baligh apabila sudah mengeluarkan mani, baik karena mimpi dalam tidurnya atau bukan karena mimpi.

3. Berakal sehat

Selanjutnya adalah berakal sehat, seseorang yang wajib melakukan ibadah puasa adalah seseorang yang berakal sehat dalam artian tidak gila karena kelainan mental.

4. Kuat menunaikan ibadah puasa

Selanjutnya adalah kuat menunaikan ibadah puasa dalam artian sehat secara fisik, seseorang yang wajib melakukan ibadah puasa adalah orang yang sehat secara fisik dan juga mental. Bila seseorang tidak melakukan puasa pada saat bulan ramadhan maka diwajibkan bagi mereka menggantinya atau membayar fidyah.

5. Sudah masuknya bulan Ramadan

Masuknya bulan ramadhan adalah dengan melihat pergerakan bulan dilangit. Apabila pada suatu wilayah sudah ada minimal satu orang yang adil, jujur, dan dapat dipercaya melihat bulan masuknya bulan ramadan, maka seluruh umat yang sudah memenuhi syarat di wilayah itu wajib berpuasa.

Itulah yang membuat semua umat muslim harus selalu memantau perkembangan bulan untuk mengetahui kapan bulan ramadhan dimulai.

Demikian syarat wajib puasa yang harus diketahui umat islam. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan dapat membantu anda dalam mengetahui ilmu seputaran agama. (Halaman utama)