Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Zakat yang Harus Diketahui Umat Islam

Syarat Zakat yang Harus Diketahui Umat Islam


Zakat merupakan amalan yang wajib untuk dibayar oleh umat muslim. Zakat memiliki sifat wajib yang berzakat dan tidak. Berikut ini adalah syarat zakat yang harus diketahui umat islam.

Syarat Zakat yang Harus Diketahui Umat Islam

1. Harta dimiliki secara sempurna

Syarat zakat yang pertama adalah harta yang dimiliki secara sempurna, apa bila seseorang ingin berzakat maka harus memiliki harta yang sempurna. Bila masih terdapat hutang maka seseorang harus melunasi hutas tersebut sebelum membayar zakat.

Piutang yang dipinjamkan ke orang yang mampu atau sudah berjanji akan membayar dalam waktu tertentu, juga masuk ke dalam harta yang harus kamu bayarkan. Berbeda jika orang yang diberi pinjaman tidak mampu atau sulit dalam melunasi hutang, harta tersebut tidak termasuk ke dalam yang harus dibayarkan dalam zakat.

2. Termasuk ke dalam harta yang berkembang

Harta yang berkembang adalah harta yang dapat mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi sang pemilik. Harta yang berkembang terbagi menjadi dua, yaitu harta yang berkembang dari segi kuantitas (harta hakiki, seperti hasil perdagangan dan perkembangbiakkan hewan ternak), dan harta yang berkembang secara kualitas (takdiri).

Harta primer seperti simpanan makanan, kendaraan, dan rumah, tidak termasuk ke dalam harta yang harus dizakatkan.

3. Harta mencapai Nishab

Syarat zakat selanjutnya adalah nishab, nishab adalah ukuran atau jumlah minimum setiap barang yang wajib dibayarkan zakatnya. Setiap barang pasti memiliki nishabnya masing masing, contohnya untuk harta hasil perdagangan, Nishab nya adalah setara dengan 85 gram emas.

Untuk zakat pertanian, nishab nya adalah 653 kg gabah atau 520 kg jika yang dihasilkan adalah makanan pokok.

4. Harta mencapai satu Haul

Syarat zakat selanjutnya adalah harta mencapai satu haul, satu haul sama dengan satu tahun, 12 bulan. Syarat ini hanya berlaku untuk zakat yang berhubungan dengan kepemilikan harta dalam bentuk mata uang dan hewan ternak, tidak untuk jenis zakat lainnya.

5. Harta melebihi kebutuhan pokok

Syarat zakat selanjutnya adalah harta melebihi kebutuhan pokok, seseorang yang ingin berzakat harus mampu secara ekonomi. Jika segala kebutuhan pokok terpenuhi maka wajib hukumnya untuk membayar zakat. Harta yang termasuk dalam kebutuhan pokok adalah stok makanan untuk keluarga, rumah atau tempat tinggal, dan pakaian.

Demikian syarat zakat yang harus diketaui umat muslim. Semoga dapat manambah wawasan kita semua.  (https://favoritesriz.blogspot.com)