Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar


Cabe merupakan bumbu dapur yang hampir paling sering digunakan untuk memasak. Cabe juga sangat dibutuhkan sebagai pelengkap pada cemilan yakni gorengan maupun dijadikan sambal.

Hampir semua masakan di Indonesia menggunakan cabe. Parlu anda ketehui cara menanam tanaman cabe, berikut ini adalah cara menanam cabe biji yang baik dan benar.

Cara Menanam Cabe Biji Yang Baik dan Benar 

1. Memilih benih.

Langkah yang perlu diperhatikan sebelum menanam cabe adalah memiilih bibit terlebih dahulu, anda bisa menggunakan cabe yang ada dirumah atau juga dapat membelinya di pasar. Cabe memiliki ciri ciri dengan warna yang merah menyala, anda harus memperhatikan tekstur pada cabe tersebut, seperti  terlihat segar dan tidak keriput, serta tangkainya berwarna hijau segar.

2. Cara menyemai benih cabe

Jika anda telah mendapatkan bibit yang sehat setelah itu anda harus mengambil biji pada cabe tersebut, lalu cuci lah hingga bersih. Setelah proses ini selesai maka lakukan lah pemilihan terhadap biji yang terapung pada air maka anda haurs membuangnya karena tidak sehat. Setelah itu tiriskan biji cabe lalu jemur hingga kering.

Setelah biji cabe benar-benar kering, siapkan media semai dengan perbandingan dari campuran tanah dan pupuk kandang. Setelah itu rendam pada air hangat hingga biji menmunculkan seperti kecambah. Lalu masukkan pada polybag yang telah terisi dengan tanah dan simpan polybag pada tempat yang teduh.

3. Cara menaman bibit cabe

Langkah selanjutnya adalah penanaman cabe, anda dapat memindahkan bibit cabe dalam pot yang idealnya berdiamer 30 cm. Setelah itu anda bisa melakukan pemindahan bibit pada pagi hari sekitar pukul 07.00-09.00 atau sore hari setelah pukul 15.30 untuk menghindari tanaman stres. Pindahkan bibit kedalam pot lalu siram dengan menggunakan gembor agar tanah tidak memadat. Kemudian taruh di tempat terbuka yang terkena sinar matahari.

4. Cara perawatan

Setelah itu anda dapat melakukan perawatan pada tanaman cabe anda dengan cara rutin menyirami air disetiap harinya agar tanaman bisa tumbuh dengan sempurna. Pastikan tanaman anda tidak kekurangan nutrisi dengan memperhatikan setiap perkembangan tanaman agar tidak tumbuh tanaman liar lainyaBisa menyiram tanaman dengan air rendaman pupuk kandang agar dapat berbuah dengan cepat.

Demikian cara menanam cabe dengan baik dan  benar. Semoga dapat menambah wawasan anda semua serta dapat membantu.  (favoritesriz blog)