Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membudidayakan Tanaman Kunyit Yang Baik dan Benar


Cara Membudidayakan Tanaman Kunyit Yang Baik dan Benar

Kunyit adalah jenis tanaman yang sering disebut dengan kunir atau janar, tanaman ini merupakan tanaman akar akaran seperti laos, jahe, kencur dan lain-lain. Tanaman ini memiliki ciri ciri dengan warna kuning pada buahnya dan warna hijau pada daunya.

Kunyit memiliki daun yang berukuran besar, kunyit ini dapat digunakan untuk bumbu masakan, pewarna alami, dan dapat digunakan sebagai jamu herbal untuk kesehatan. Perlu anda ketahui cara membudidayakan tanaman kunyit yang baik dan benar.

Cara Membudidayakan Tanaman Kunyit

1. Memilih Bibit

Hal yang pertama perlu anda lakukan untuk membudidayakan tanaman kunyit adalah memilih bibit. Ini adalah hal yang paling penting karena akan berpengaruh pada kualitas hasil panen. Untuk bisa mendapatkan hasil yang berkualitas maka harus memperhatikan hal hal di bawah ini.
 
- Pastikan bibit kunyit berasal dari induk yang bagus dan sehat serta tidak terserang dari hama dan penyakit
- Bibit kunyit memiliki ukuran, bentuk dan warna yang sama
- Bibit kunyit berasal dari induk yang umurnya telah mencapai 7-12 bulan
- Pastikan bibit sudah melewati proses diistirahatkan sebelum bibit tersebut ditanam.

2. Menyemai Bibit

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah penyemaian terhadap bibit, hal ini bertujuan agar bibit dapat tumbuh dengan maksimal dan petani lebih mudah dalam melakukan kontrol. Tujuan yang paling utamanya adalah agar bibit dapat beradaptasi dengan mudah. Untuk bisa melakukan penyemaian bibit dengan baik, anda bisa melalukan dan memperhatikan ha hal berikut ini.

- Bibit kunyit diletakkan pada suhu ruangan selama 1 – 1,5 bulan dengan sirkulasi udara dan angin yang baik.
 - Bisa juga bibit kunyit diletakkan pada jerami dengan suhu ruangan
 - Atau juga direndam dalam larutan ZPT selama 3 jam.
 - Biarkan hingga tunas mulai tumbuh dan bibit siap ditanam.

3. Media Tanam

Anda harus memperhatikan media tanam, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan berbagai alat yang akan diggunakan seperti cangkul, sabit dan juga pupuk kandang.

4. Pemindahan ke Media Tanam

Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah pemindahan ke media tanam, waktu terbaik dalam pemindahan tanaman kunyit adalah pada awal musim hujan dan dapat dipanen pada saat memasuki musim kemarau.

5. Perawatan

Anda harus melakukan proses perawatan agar mendapatkan hasil panen yang terbaik, dapat anda lakukan dengan melakukan penyulaman, penyaringan, pembubunan, pemupukan, pengairan, dan yang terakir penyemprotan terhadap hama.

6.Panen

Panen kunyit adalah hasil akhir dan yang paling ditunggu tinggu, anda dapat mengambil hasil panen pada saat kunyit berumir 7 hingga 8 bulan dengan memiliki ciri ciri berubahnya daun yang awalnya berwarna hijau menjadi kuning atau menjadi layu.

Demikian cara membudidayakan tanaman kunyit yang baik dan benar. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam melakukan pembudidayaan tanaman kunyit.
(https://favoritesriz.blogspot.com)