Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Stand Mixer Agar Tetap Lebih Lama

Cara Merawat Stand Mixer Agar Tetap Lebih Lama


Stand mixer adalah alat elektronik yang paling sering ditemui di dapur, stand mixer apabila tidak dirawat dengan baik pastinya tidak akan dapat berfungs secara maksimal dan berisiko cepat rusak. Perlu kita semua ketahui cara merawat mixer dengan baik dan benar agar lebih tahan lama. Berikut ini adalah cara merawat stand mixer agar lebih tahan lama.

Cara Merawat Stand Mixer yang Baik dan Benar

Stand mixer adalah mesinnnn pengaduk yang cara mengoperasikanya tidak perlu dipegangi karena memiliki kerangka penopang dan juga memiliki mangkuk yang dapat berputar secara otomatis. Mesin yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur modrn yang membuat harga mixer jenis ini sedikit lebih mahal.

1. Berilah jeda penggunaan

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah memberi jeda pada saat menggunakan mixer, Apabila anda menggunakan motor mesin terlalu lama maka motor akan panas. Anda bisa menjeda beberapa saat sekitar 10 menit untuk melanjutkan adonan anda kembali.

Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah panas berlebih pada motor listrik karena bila terlalu panas akan berakibat lilitan motor terbakar dan setelah digunakan maka sebaiknya cabut kabel listrik dari stop kontak.

2. Bersihkan dengan teratur

Hal selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah bersihkan mixer secara teratur, sebaiknya membersihkan mixer setelah digunakan. kamu bisa menggunakan lap yang diberi sedikit air untuk membersihkan badan mixer hingga bersih dan untuk tungkai pengaduk dapat anda bersihkan dengan mencucinya pada air yang bengalir lalu gunakan sabun agar lebih bersih.

Bersihkan semua komponen mixer dari sisa sisa adonan yang menempel, bersihkan hingga bagian terkecil termasuk lubang di bagian pengaduk dan pastikan juga untuk memutuskan aliran listrik terlebih dahulu sebelum membersihkannya dan jangan basahi elemen yang berhubungan dengan listrik.

 3. Simpan dengan baik

Setelah itu anda juga dapat menyimpan mixer dengan baik adar lebih membuatnya tahan lama. Menyimpan pada tempat yang aman dan hindari dari jangkauan anak anak. Simpanlah pada tempat yang kering karena stand mixer cukup rentan dengan keadaan suhu dan lingkungan yang tidak cocok.

Hindari menyimpan di tempat basah, lembab. Pastikan lemari penyimpanan tidak berlubang, tidak terdapat hama, serangga, ataupun tikus yang bisa merusak mixer.

4. Jangan gunakan benda kasar

Anda bisa menjauhkan mixer dari penggunaan benda kasar, jangan menggunakan benda kasar untuk membersihkan mixer karena hal ini dapat merusak permukaan peralatan mixer. Anda bisa menggunakan kain mikrofiber dan botol semprot yang telah diisi dengan campuran air dan sabun. selain itu dapat melumasi roda gigi dengan minyak pelumas untuk melancarkan gerakan mixer.

5. Hindari guncangan

Hal terakir yang dapat anda lakukan untuk membuat mixer lebih tahan lama adalah hindari mixer dari guncangan. Jagalah stand mixer dan hindarkan dari resiko badan mixer terjatuh atau terbanting. Jangan sampai stand mixer terkena benda benda keras karena akan dapat merusak komponen kelistrikan mixer dan badan mixer. Lipat dan gulung kabel kemudian susun di kotak kemasannya seperti semula.

Anda dapat melakukan cara perawatan di atas untuk membuat mixer lebih tahan lama, karena bila mixer telah dirawat dengan cara yang benar dan tepat hal itu bisa membuat mixer lebih tahan lama dan tentunya bisa digunakan dalam jangka panjang.

Demikian cara merawat stand mixer agar lebih tahan lama. Semoga dapat menambah wawasan kita serta dapat membantu anda dalam merawat stand mixer.